SELAMAT DATANG DI BLOG FOTO DAN CORETAN, RESEP MASAKAN, RESEP KUE, BUDI DAYA IKAN, TERNAK HEWAN, LIVE STREAMING , DOWNLOAD, ADMIN DIRUN BIN AHMADI

7.03.2011

ternak lele

Budidaya Lele
Mari kita menengok kebisnis yang jauh dari teknologi, dan bisnis ini bermodal murah namun berbuah mewah. Beternak iklan lele adalah usaha yang akan kita bahas. Budidaya ikan lele ini tidaklah membutuhkan modal yang besar, cukup syaratnya anda punya lahan atau tanah kosong paling tidak berukuran 3 x 6m. Karena mengingat semua budidaya semua ikan termasuk lele memerlukan kolam, dan lahan kosong yang anda miliki itulah yang akan kita jadikan komlamnya.
Pertama yang harus dilakukan untuk memulai budidaya ikan lele ini adalah persiapkan mental jangan mudah mengeluh serta sabar, karena setiap budidaya ikan apapun termasuk lele pasti menunggu masa panen untuk memetik hasilnya.
Hal kedua adalah anda harus membuat kolam yang bermodal murah dari lahan yang anda punnya. Gali lahan yang akan gunakan sebagai kolam tadi sedalam 5o cm, setelah itu tanah hasil galian tadi anda tumpukan mengelilingi samping kolam yang digali tadi. Hal itu dilakukan agar kdalaman kolam bertambah dari 50 cm menjadi lebih tinggi karena tertambah ketinggian tumpukan tanah tadi. Setalah penggalian dan penataan tadi selesai, siapkan terpal yang anda bisa beli dengan harga sekitar 60 rb an. Dan terpal tadi anda lembarkan kedalam kolam dan jadikan sebagai dasaran dari kolam anda, kenapa kita pakai terpal? karena terpal bisa menahan air. Bayangkan saja anda tanpa pakai semen, pasir serta tenaga besar anda sudah bisa membuat kolam.
Setelah kolam selesai dibuat lalu isi kolam terlebih dahulu dengan air selama 2-3 malam, jangan langsung anda beri benihnya dulu. Agar lebih baik anda bisa memasukan tanaman air kedalam kolam seperti ganggang, teratai dan lainya. Hal ini dilakukan agar zat yang mungkin masih menempel pada terpal bisa diserap oleh air. Ada baiknya setelah 2-3 malam anda mengganti airnya dengan air yang baru. Dan kemudian barulah anda bisa memasukan benih ikan lele, harga benih ikan lele sendiri terbilang murah. Satu ekor benih ikan lele berukuran ibu jari orang dewasa seharga 100-150 rupiah. Anda bisa memasukan benih kedalam kolam sebanyak 300-400 ekor benih ikan lele, dengan perhitungam luas kolam seperti yang saya sebutkan tadi. Agar ikan tidak terlalu berdesakan tempat dan pertumbuhan ikan tidak terhambat.
Ok..!! hal menabur benih sudah selesai, masih ada lagi yang harus dilakukan. jangan lupa kalau budidaya ikan pasti ikannya harus deberi pakan agar cepat besar. Benih ikan lele bisa anda beri pakan pelet halus, dan jika ukurannya sudah lumayan ganti pakan peletnya jangan yang halus lagi. harga pelet sendiri sekitar 5500 rupiah perkilogramnya. Dan untuk sebulan anda bisa menghabiskan setidaknya 4 kg pelet. Jika anda punya sisa nasi yang tidak termakan anda bisa memberikannya pada ikan lele ini, karena ikan lele terbilang ikan yang rakus. Dan ini yang paling penting dan kenapa saya bertihukan diawal, kuncinya harus sabar karena pada hari-hari pertama pasti ada benih ikan lele yang mati. Maka jangan panik karena itu hal yang wajar dan sering dialami oleh banyak peternak ikan, biasanya kalau sudah panik maka jadi tidak sabar dan jika tidak sabar maka bududaya ikan lele ini ditinggalkan dan tidak terurus.
Kunci kesabaran ini juga dibutuhkan dalam masa menunggu hasil panen. Jika dirasa ikan sudah seukuran layak konsumsi anda bisa jual ke pasaran atau warung-warung yang menjual masakan ikan lele. Jika sudah mendapat pelanggan tetap maka usaha anda harus anda kembangkan sendiri dan jadilah pembudidaya ikan lele yang sukses. Dan itu sedikit yang bisa saya tulis, dan saya ingakan lagi jangan mudah putus asa karena setiap usaha untuk mencapai kesuksesan pasti ada hambatannya.

baca selengkapnya link di bawah:
http://fotodancoretan.blogspot.com/p/artikel.html

Tidak ada komentar: