SELAMAT DATANG DI BLOG FOTO DAN CORETAN, RESEP MASAKAN, RESEP KUE, BUDI DAYA IKAN, TERNAK HEWAN, LIVE STREAMING , DOWNLOAD, ADMIN DIRUN BIN AHMADI

7.30.2012

Pakan Hemat Budi Daya Ikan

Pakan Hemat Budi Daya Ikan Air Tawar
Ketika kita menjalankan bisnis ikan air tawar, khususnya mengenai budi daya, kita dapat mengambil langkah penghemayan pengeluaran dari pakan ikan dengan cara meramu pelet pakan ikan dengan kemampuan sendiri. Hal ini sudah banyak dilakukan oleh pelaku budi daya ikan air tawar di Indonesia bahkan mungkin di luar sana. Karena dari pengeluaran pakan ikan ini pelaku bisnis budi daya ikan mengeluarkan anggaran yang sangat besar untuk pembelian pakan ikannya. Ini perlu dicermati bagi pelaku bisnis agar pengeluaran menipis dan pendapatan meningkat seiring ditekannya pengeluaran untuk membeli pakan ikan. Selain itu jika selalu mengunakan pakan buatan pabrik, suatu saat ada kendala di produksi pabrik harga pasaran pasti meningkat dan pebisnis akan sangat terpukul karena biaya produksi meningkat, jadi alangkah baiknya jika pelaku berusaha untuk membuat pakan ikan sendiri dan tidak tergantung kepada pakan buatan pabrik.
Hal ini harus dilakukan oleh pelaku bisnis agar tidak terlalu terbebani oleh pengeluaran biaya produksi dari pakan ikan. Untuk mendapatkan ramuan pakan ikan buatan sendiri, pelaku bisnis harus belajar cara membuatnya dan bisa didapatkan di kementrian pertanian dan perikanan dengan cara menanyakan hal seputar budi daya ikan dan peningkatan hasil. Nanti di sana akan dibimbing oleh tenaga ahli untuk sampai pada pembuatan pakan ikan yang bermutu dan kualitas sama dengan pakan ikan buatan pabrik.
Yang perlu diperhatikan dalam membuat pakan ikan atau pelet adalah kandungan nutrisi yang akan diberikan untuk memberi pakan jenis ikan, sebab masing - masing jenis ikan memerlukan kandungan nutrisi yang berbeda - beda dan umur dari ikan juga memerlukan kebutuhan nutrisi berbeda pula. Sebagai informasi tambahan saja, jika ingin membuat pelet sendiri anda harus mengetahui bahan - bahan seperti : tepung ikan, tepung tulang sapi atau sejenisnya juga boleh, jagung, hasil saringan beras yang digiling biasa di sebut dedak, tapi yang halus, kedelai, ikan kecil seperti teri atau wader, ada yang gampang mencarinya misalnya ampas tahu, bungkil kelapa, cacing tanah, roti yang sudah tidak digunakan, sisa makanan restaurant, sisa sayuran pasar dan masih banyak sumber makanan ikan lainnya.
Ikan memerlukan campuran pelet buatan yang selaras, artinya janga dirubah campuranya agar ikan nyaman memakan karena tidak berganti rasa makanannya.
Dengan menekan biaya pakan, maka ketikan rekap akhir produksi dan ikan berhasil tumbuh dengan baik / normal, akan terasa peningkatan keuntungan dari sebelumnya ketika pakan ikan membeli dari produksi pabrik.
Selamat mencari cara untuk membuat pakan ikan buatan selain pabrik dan semoga anda berhasil dan sukses dalam budi daya ikan air tawar.

Tidak ada komentar: